Mudahnya Menulis!

Oleh:
Cahya Purnama*

Menulis itu mudah. mudah ketika hanya dibayangkan saja, tetapi ketika hendak mulai menulis ternyata menulis itu tidak mudah. Kendala yang saya jumpai ketika hendak menulis adalah menemukan kata pertama. Ide menulis banyak bermunculan, tapi kegagalan menemukan kata pertama membuat ide-ide yang ada menjadi tidak tertuang dalam sebuah tulisan.

Keinginan yang kuat untuk bisa menulis mendorong saya untuk ikut sekolah menulis yang diselenggarakan oleh buletin insaf. Di pertemuan pertama saya sudah mendapatkan banyak ilmu bagaimana cara memulai menulis dan bagaimana supaya tulisan kita jadi baik. gairah menulis yang ditularkan oleh Pak Husnun selaku pemateri pada pertemuan perdana sekolah menulis insaf cukup menjangkiti pikiran saya untuk segera menulis apa saja ide yang terlintas di pikiran. mapping atau pemetaan ide adalah sebuah solusi yang saya dapatkan untuk bisa memulai menulis. Dengan memetakan ide pokok tulisan, maka tulisan yang kita buat menjadi runut dan fokus sehingga menjadi enak untuk dibaca.

Pak Husnun juga menyebutkan bahwa segera menuliskan ide-ide yang terlintas kapan saja dan dimana saja, sangat membantu kita untuk bisa membuat sebuah tulisan. Coretan-coretan ide yang kita buat di kertas catatan menjadikan ide-ide yang kita miliki tetap terpelihara dan tidak hilang, sehingga begitu ada waktu kita bisa segera menuangkannya kedalam tulisan.

Agar tulisan kita bisa menjadi lebihbaik dan lebih enak untuk dibaca orang lain, maka kita juga harus rajin membaca tulisan-tulisan orang lain. Menurut beliau penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Semakin banyak buku, majalah, koran atau apa saja yang bisa kita baca, maka semakin banyak dan luas pengetahuan kita sehingga tulisan-tulisan kita pun semakin enak dibaca dengan gaya bahasa yang luwes dan lugas.

Kesimpulan yang saya rangkum dari materi Pak Husnun adalah jika kita ingin bisa menulis catatlah ide2 kita, lakukan pemetaan, banyak membaca, dan yang paling penting adalah lakukan segera, karena “lebih cepat lebih baik”

 

*****

*) Peserta Sekolah Menulis Insaf angkatan I


About hmcahyo

the one who always keep on searching the meaning of the life
This entry was posted in Tugas SMI and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s