Menulis Itu Mudah!

belajar nulis

belajar nulis

Menulis adalah kegiatan menuangkan gagasan, pikiran, opini, dan keinginan lainnya dalam rupa tulisan. Tidak sedikit orang yang sangat mahir berbicara tetapi ketika diminta untuk menuliskan apa yang disampaikan maka akan berkata,”Susah!”

Sekolah Menulis Insaf (SMI) adalah sedikit lembaga yang mem-fasilitasi orang yang berkeinginan kuat untuk bisa, minimal, menulis. Undangan pelatihan dari lembaga ini, yang mengalir melalui SMS alias Servis Menyurat Singkat, seakan membangunkan mimpi-mimpi saya yang telah lama drop-bat, seperti memberi cas semangat MENULIS.

Tidak sebagaimana pelajaran menulis yang diajarkan di sekolah dulu dengan persyaratan tata-krama penulisan yang baik dan benar, kali ini Pak Husnun-Wartawan Senior Malang Post menularkan bagaimana Menulis Itu Mudah, tidak usah terbelenggu dengan aturan penulisan. “Ingin menulis, langsung saja kapan saja dimana saja!”

Agar tulisan menjadi menarik dicerna oleh orang lain, maka “Penulis yang baik adalah Pembaca yang baik”. Tidaklah mungkin orang akan bisa membuat tulisan yang demikian menarik dan cerita yang detail manakala penulisnya tidak memiliki pengetahuan yang baik terhadap apa yang ditulisnya. Pengetahuan tersebut hanya bisa diperoleh dengan cara membaca, baik membaca data pada bacaan-bacaan maupun membaca fakta atau fenomena-fenomena yang diketahui penulis.

Kemudian supaya tulisannya makin baik kualitasnya, sebaiknya penulis giat melakukan kegiatan Penularan melalui diskusi, kumpul-kumpul dengan komunitas penulis, mem-posting tulisan ke jejaring sosial di internet, dan lainnya. Ini diupayakan agar tulisannya mendapat tanggapan, penilaian, masukan, dan saran dari orang lain sehingga penulis mendapat gambaran apakah tulisannya sudah membumi.

Penulis yang sukses, umumnya, adalah pemula juga. Karena itu jika ingin menjadi Penulis Sukses maka jangan tunda lagi, menulis menulis dan terus menulis. Tidak ada alasan tidak bisa menulis, dan gunakan satu alasan: “Saya Ingin Menulis!” Jangan takut kesulitan menulis karena sesungguhnya Menulis Itu Mudah.

Wallahu a’lam bish showab.

***
*) Peserta Sekolah Menulis Insaf angkatan I
Gambar diambil dari sini

About hmcahyo

the one who always keep on searching the meaning of the life
This entry was posted in Tugas SMI and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s